Sekilas FISIP

Universitas-AzzahraProfil Singkat

Universitas Azzahra didirikan pada tanggal 25 Agustus 1995 oleh Ir. H. Fadel Muhammad (sekarang Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Bersatu II). Saat ini Universitas Azzahra dipimpin oleh Drs. Syamsu A Makka, MM sebagai Rektor dan sebelumnya jabatan Rektor dipimpin oleh Dr. (HC). Dr. KH. Tarmizi Ther (Mantan Menteri Agama RI).

Fakultas Ilmu social Politik adalah cabang Ilmu pengetahuan social yang sejatinya berbicara tentang hubungan manusia dan lembaga yang saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat luas karena masyarakat dunia bergerak sangat cepat dengan model dan gaya yang berbeda. Ini membutuhkan cara penanganan serius untuk mewujudkan keadaban dan keadilan antar sesama menuju dunia baru, perdamaian dan keadilan social bagi seluruh ummat. Kehadiran FISIP untuk menata adminstrasi hubungan ini sangat dibutuhkan menuju cita-cita luhur tersebut, baik dalam kontek local maupun internasional.

Visi

” Menjadi¬† pusat pengembangan, yang berkualitas dan progresif dengan mengintegrasikan masalah-masalah Administrasi Pemerintahan yang demokratis. Dengan mengemban amanah bangsa dan negara, pencapaian keunggulan yang akan dicanangkan oleh Fakultas adalah keunggulan secara bertahap, dengan prioritas pertama melalui proses pendidikan dan pengajaran, kemudian berikutnya dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat. ”

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang administrasi negara, kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan pemerintah
  • Menyelenggarakan penelitian guna pengembangan keilmuan di bidang administrasi negara
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan keikutsertaan masyarakat, khususnya pada era otonomi daerah.

Tujuan Pendidikan

  • Mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengembangkan kerjasama institusional hingga tingkat internasional
  • Mengupayakan dan mengembangkan penelitian/riset terapan guna meningkatkan taraf hidup dan memperkaya khasanah budaya bangsa
  • Memelihara dan mengembangkan ilmu, teknologi, dan budaya sejalan dengan tuntutan, etika, moral dan agama