Jurusan Ilmu Administrasi Negara

pak-amrul

Drs. Amrul N. Sitompul, M.Si
Kaprodi Ilmu Administrasi Negara
Email:sitompul@universitasazzahra.ac.id

Visi

” Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Azzahra, akan menjadi sebuah program studi yang bermartabat, mandiri dan unggul serta terdepan dalam menghasilkan sarjana yang agamais, nasionalis, tangguh dan mampu menguasai dan mengmbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bermoral Pancasila ”

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang bermartabat, mandiri dan unggul serta terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menghasilkan lulusan yang professional di bidangn Administrasi Negara, khususnya di bidang Pemerintahan Pusat, Pemerintahan Daerah.
  • Mengintegrasikan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan pasar global
  • Menyelenggarakan penelitian guna pengembangan keilmuan di bidang Administrasi Negara
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan lembaga-lembaga pemerintahan, dengan berbasiskan kepada pemerintah daerah.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang :

  • Memiliki kemampuan di bidang ilmu Administrasi Negara Pemerintahan
  • Menghasilkan karya penelitian ilmiah dan terapan dalam bidang ilmu Administrasi yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan pemecahan masalah dalam masyarakat.
  • Berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengembangkan hubungan kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat dunia usaha dan pemerintah.
  • Mampu beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi.
  • Mampu berkomunikasi, memimpin dan menerapkan pengetahuan serta ketrampilan teknologi dalam bidang Ilmu Administrasi.

Konsentrasi Administrasi Publik

Bertujuan menghasilkan Sarjana Administrasi Negara yang memiliki penguasaaan konseptual dan teoritis yang optimal dalam bidang Ilmu Administrasi Negara sehingga mampu menganalisis dan memecahkan berbagai fenomena permasalahan publik saat ini dan kedepan, serta mampu berperan secara aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan, baik di sektor birokrasi pemerintahan maupun swasta. Lulusan program ini diharapkan ikut berperan di instansi-instansi pemerintah maupun swasta dalam berbagai bidang usaha pada level jabatan Staff Administrasi sampai dengan jenjang yang lebih tinggi pada waktunya.

Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit

Bertujuan menghasilkan Sarjana Administrasi Negara yang memiliki penguasaan konseptual dan teoritis yang tajam dalam bidang Ilmu Administrasi khususnya bidang Administrasi Perumah Sakitan sehingga mampu mengelola rumah sakit dengan uang lingkup manajemen logistik dan Obat, Organisasi dan Manajemen Rumah Sakit, Marketing Rumah Sakit, Manajemen Mutu Terpadu Rumah Sakit, Manajemen Keperawatan, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, Manajemen SDM Rumah Sakit. Lulusan program ini dapat bekerja sebagai staff administrasi sampai level jabatan Kepala Bagian atau Manajer  pada berbagai rumah sakit baik milik pemerintah Pusat maupun Daerah atau milik swasta dan juga pada lembaga-lembaga konsultan rumah sakit.

Konsentrasi Administrasi Pajak

Bertujuan menghasilkan Sarjana Administrasi Negara yang memiliki penguasaan konseptual dan teoritis yang tajam dalam bidang akuntansi Perpajakan sehingga mampu menguasai akuntansi hingga tingkat Advance Accounting, mampu menyusun laporan keuangan baik untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur, mampu menghitung, menyetor, dan melaporkan perpajakan PPh, PPN, PPn BM, pajak Internasional, mampu menyusun anggaran dan perencanaan internal, mampu melakukan analisa laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan. Lulusan program ini dapat bekerja sebagai Staff Administrasi sampai level jabatan Kepala Bagian atau Manajer pada instansi-instansi pemerintah maupun perusahaan-perusahaan swasta maupun lembaga-lembaga konsultan.

Konsentrasi Administrasi Sumber Daya Manusia

Bertujuan menghasilkan Sarjana Administrasi Negara yang memiliki penguasaaan konseptual dan teoritis yang optimal dalam bidang Ilmu Administrasi Negara khususnya di bidang Administrasi sumber daya manusia di lingkungan birokrasi pemerintahan sehingga mampu menganalisis dan memecahkan berbagai fenomena permasalahan sumber daya manusia di berbagai instansi pemerintahan mauoun BUMN/BUMD. Lulusan program ini dapat bekerja sebagai staff administrasi sumber daya manusia sampai level jabatan Kepala Bagian, Kepala Biro Kepegawaian pada instansi-instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah atau mitra kerja pemerintah seperti lembaga-lembaga swadaya masyarakat maupun lembaga-lembaga konsultan.

Konsentrasi Administrasi Keuangan Pusat dan Daerah

Bertujuan menghasilkan Sarjana Administrasi Negara yang memiliki penguasaaan konseptual dan teoritis yang optimal dalam bidang Ilmu Administrasi Negara khususnya di bidang Administrasi keuangan pusat dan daerah sehingga mampu menganalisis dan memecahkan berbagai fenomena permasalahan administrasi keuangan pusat dan daerah, mampu membuat perencanaan dan mengatur pendapatan daerah. Lulusan program ini dapat bekerja sebagai staff administrasi sampai level jabatan Kepala Bagian atau Kepala Biro Kepegawaian pada instansi-instansi pemerintahan pusat maupun daerah ataupun lembaga-lembaga swadaya masyarakat maupun lembaga-lembaga konsultan.